Komunikasi dg Anak

Tuesday, February 20, 2007
Hari Sabtu tgl 10 Februari 2007 gw dapet undangan seminar ttg Komunikasi Effektif antara Orang tua, Guru en Murid, sbg pembicaranya Dr Arief Rachman bertempat di STAN Bintaro yg ngadain sekolahnya anak gw. Diundangannya tertulis acara dimulai jam 7.30 tp gw baru berangkat dr rumah jam segitu, ternyata nyampe sana baru ada 5 org yg dateng itu juga ibu2 semua, walhasil suami gw kek org tersesat disitu, secara dia pria satu2nya, untungnya sejam dari itu acara sudah dimulai dan bapak2nya juga dah pada dateng walaupun tetep aja 80% ibu2 semua. Isi seminarnya ternyata bagus bgt, sangat bermanfaat buat kita para orang tua, isinya kurang lebih seperti begini:

Komunikasi/pesan itu ada 3 yaitu,
1. Pesan Emosi
2. Pesan Logika
3. Pesan Spiritual

Yg kalau dijabarkan kek gini, semisalnya anak kita bersedih krn mendapatkan nilai lebih kecil daripd temennya itu berarti dia sedang menyampaikan pesan emosi, supaya nyambung kita hrs menjawabnya dg pesan emosi juga, tp yg sering terjadi kita malah menyampaikan pesan logika seperti contohnya, "mangkanya harus belajar lebih rajin supaya nilainya bagus", atau yg lainnya, itu sebetulnya ga nyambung, seharusnya kita hibur dulu sampe anak kita merasa pesannya nyampe baru setelah tenang kita sampaikan pesan logikanya. Gw en ibu2 yg laen pada ketawa2 waktu dikasih contoh komunikasi antara orang tua en anaknya, asli... kek gw dirumah gitu, pantesan aja anak2 gw kadang2 ga mau denger soalnya apa yg dia sampein ga nyampe ke gw, pokoknya baru kali itu gw ikut seminar menikmati bgt en ga nyesel dateng, padahal biasanya gw suka males ikutan. Tambahan lagi yg bikin gw merasa salah pola pengasuhan gw waktu gw baca Blognya
D'Johnson, gw salut ma ibu itu, dia bener2 sabar dlm hal mengajari anak2nya, blio bisa gt menyuruh dirinya sabar dlm menghadapi anak2nya, en menyadari bahwa mereka itu cuma anak2 yg memang blm mengerti apa2 dan yg harus kita ajari, coba gw kalo lagi sadar sich gitu, tp begitu menghadapi anak2 udah dech setan2 mulai mengganggu yg hasilnya malah bikin gw emosi ma anak2, trus mereka jadi takut liat gw, hasil akhirnya anak2 nangis, gw apalagi ... nyeselnya setengah mati, tp ntarnya gitu aja lagi.... wadoh... ga sabaran bgt sich gw... Udah gitu yg bikin gw tambah merasa berdosa, mereka ga pernah marah ma gw, tetep aja gw diciumin, dikangenin, disayangin ma mereka, gw sedih banget.... kalo gw tanya (kebetulan baru Hani yg bisa gw ajak komunikasi )

gw : " kakak, sayang ma bunda "
Hn : "sayang dong...."
gw : "tp kan bunda galak, suka marah marah..."
Hn : " tp tetep aja Hani sayang kok sama bunda....."
gw : *cuma bisa peluk en ciumin dia*

Mulai saat ini gw mo belajar lebih keras lagi supaya bisa mengendalikan emosi gw kalo lagi menghadapi anak2, menyadari bahwa gw juga sama dg mereka , sama sama lagi belajar, dan semoga ALLAH masih memberikan kesempatan buat gw memperbaiki segala kesalahan gw, yg udah lalai dalam menjaga amanah dariNYA. Buat anak2ku, tolong bantu bunda juga ya sayang... supaya bunda bisa lebih sabar en bunda juga mo bilang makasih, makasih udah sabar menghadapi bunda en sayang ma bunda...
 
posted by Teteh Bunda at 8:30 AM, |

0 Comments: